Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frekuensi TV Digital Cimahi: Daftar Saluran Terbaru

bocahtehnik - Pemahaman akan frekuensi TV digital di Cimahi sangat penting agar masyarakat dapat menikmati siaran televisi terkini. Pemerintah telah beralih dari siaran TV analog ke digital untuk memberikan kualitas siaran yang lebih tajam dan jernih.

Frekuensi TV Digital Cimahi
istockphoto

Migrasi ini berdampak pada perubahan frekuensi saluran TV di seluruh Indonesia, termasuk di Cimahi. Untuk memastikan akses ke siaran televisi favorit, artikel ini menyajikan daftar frekuensi TV digital terbaru di Cimahi.

Migrasi dari TV Analog ke Digital

Menurut siarandigital.kominfo.go.id, siaran televisi analog telah mengudara di Indonesia selama hampir 60 tahun. Pada 2 November 2022, pemerintah mulai secara aktif beralih ke siaran TV digital. Migrasi ini bertujuan memberikan pengalaman menonton yang lebih tajam dan jernih dengan menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi yang canggih.

Untuk menikmati siaran TV digital, masyarakat dapat menggunakan perangkat televisi dengan teknologi DVB-T2 atau TV digital. Bagi yang masih menggunakan TV analog, set top box (STB) dapat menjadi solusi.

Daftar Frekuensi TV Digital Cimahi

Dikutip dari siarandigital.kominfo.go.id, layanan siaran TV digital di Jawa Barat dibagi menjadi delapan wilayah, termasuk Cimahi. Cimahi masuk dalam wilayah Jawa Barat - 1 dan sudah selesai dalam Analog Switch Off (ASO), memungkinkan masyarakat menikmati siaran TV digital dari semua saluran di Indonesia. Wilayah lain yang termasuk dalam wilayah ini antara lain Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Bandung.

Berikut adalah daftar frekuensi TV digital Cimahi dan wilayah sekitarnya:

Frekuensi 538 MHz, Kanal 29 UHF

Indosiar, SCTV, Moji, Mentari TV, RTV, Kompas TV, dan Rase TV.

Frekuensi 562 MHz, Kanal 32 UHF

MetroTV, Magna Channel, BN Channel, BRTV (MQTV), AKTV, Garvis TV, I Channel, dan DIVIA UNPAD TV.

Frekuensi 586 MHz, Kanal 35 UHF

TVRI Nasional, TVRI World, EKA TV Bandung, TVRI Jawa Barat, TVRI Sport, Garuda TV, PTV (PT Persada Televisi Bandung), HDAS TV,  Inspira TV, Nusantara TV, BTV, dan NET.

Frekuensi 610 MHz, Kanal 38 UHF

ANTV,  KPM, tvOne, , Bandung TV (Indonesia Network),VTV dan E Channel.

Frekuensi 634 MHz, Kanal 41 UHF

RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews.

Frekuensi 658 MHz, Kanal 44 UHF

Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, dan CNBC Indonesia.