Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara pasang antena tv digital terbaru 2023

bocahtehnik - Kawasan Jabodetabek tidak lagi mendukung siaran TV analog sejak 2 November yang lalu. Namun, masih ada banyak pemirsa di wilayah ini yang menghadapi kendala saat mencoba menikmati siaran TV digital.

cara pasang antena tv digital
istockphoto

Kendala yang sering muncul adalah ketiadaan sinyal pada siaran TV digital. Bagaimana cara mengatasi hal ini? Salah satu solusinya adalah dengan memasang antena TV digital dengan benar. Menurut Kementerian Kominfo, cara yang tepat untuk memasang antena TV digital adalah dengan memperhatikan arah pemancar multiplexing menggunakan aplikasi sinyalTVDigital.

Sebelum memasang antena TV digital, hal yang tak kalah penting adalah perangkat yang Anda miliki. Anda harus memiliki perangkat TV digital berbasis DVB-T2. Jika belum, maka TV Anda harus dilengkapi dengan perangkat set-top box (STB) yang mendukung DVB-T2.

Selain itu, Anda juga memerlukan antena UHF yang bisa dipasang di luar atau di dalam ruangan.

Setelah Anda memastikan perangkat yang diperlukan tersedia, langkah selanjutnya adalah memastikan ketersediaan siaran TV digital di wilayah Anda. Sampai saat ini, siaran TV digital sudah tersedia di Jabodetabek dan lebih dari 200 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

cara pasang antena tv digital

Jika semua syarat di atas telah terpenuhi, berikut adalah cara yang tepat untuk memasang antena TV digital:

Instal dan buka aplikasi sinyalTVDigital.

Aplikasi akan meminta izin untuk mengakses lokasi Anda, klik "Izinkan", kemudian aplikasi akan menampilkan peta sesuai dengan lokasi Anda.

Warna pada peta akan menunjukkan kekuatan sinyal TV Digital:

Warna merah menunjukkan sinyal yang kuat.

Warna kuning dan hijau menunjukkan sinyal sedang.

Warna biru menunjukkan sinyal yang lemah.

Pada peta, Anda dapat melihat lokasi pemancar multiplexing terdekat. Arahkan antena Anda ke arah lokasi pemancar tersebut.

Setelah antena terpasang, pastikan kabel antena terhubung dengan TV dengan baik. Jika Anda menggunakan STB, pastikan kabel dari antena ke STB juga terhubung dengan baik.

Pada TV, masuk ke menu pengaturan untuk mencari sinyal. Biasanya, ada opsi DTV untuk siaran digital dan ATV untuk siaran analog.

Pilih "auto scan" untuk memindai program-program siaran TV digital, dan tunggu hingga proses selesai.

Apabila Anda menggunakan STB, pastikan bahwa TV menunjukkan sumber AV.

Nyalakan STB, dan Anda akan diminta memasukkan kode pos. Isi sesuai dengan alamat rumah Anda agar dapat menerima sinyal peringatan dini kebencanaan.

Setelah masuk ke menu, pilih "pencarian saluran secara otomatis."

Demikianlah cara yang tepat untuk memasang antena TV digital. Selamat mencoba!