Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Kipas Outdoor AC Tidak Berputar? Inilah Penyebabnya!

bocahtehnik - Banyak yang penasaran mengapa kipas AC outdoor tidak berputar. Masalah ini seringkali disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kapasitor fan dan motor fan yang rusak. Jika tidak segera diperbaiki, masalah ini dapat menyebabkan konsekuensi yang lebih serius, seperti kebocoran AC dan overloading kompresor.

cara mengatasi kipas ac tidak berputar
istockphoto

Sebenarnya, AC memiliki dua kipas yang berperan penting dalam menjaga suhu ruangan tetap dingin, yaitu kipas blower di unit indoor dan kipas di unit outdoor AC. Kipas indoor bertugas untuk menghembuskan udara dingin di evaporator, sementara kipas outdoor bertugas untuk membuang panas di kondensor. Kedua kipas ini memiliki peran yang sangat krusial, sehingga jika kipas outdoor tidak berputar, AC tidak akan berfungsi dengan baik.

cara mengatasi kipas ac tidak berputar

Berikut ini beberapa faktor umum yang menyebabkan kipas AC outdoor tidak berputar:

Kapasitor Rusak

Kapasitor yang rusak dapat menyebabkan kipas outdoor AC mati karena kapasitor berfungsi sebagai penggerak utama motor. Saat kipas dihidupkan, motor membutuhkan daya besar untuk menggerakkan kipas. Oleh karena itu, baik kipas indoor maupun outdoor AC dilengkapi dengan kapasitor masing-masing. Jika kapasitor kipas outdoor rusak, langkah perbaikannya adalah dengan menggunakan multitester untuk memeriksa dan mengganti kapasitor yang rusak dengan yang baru.

Motor Kipas Rusak

Penyebab lainnya adalah rusaknya motor kipas AC yang bertugas untuk memutar bilah kipas dan menghasilkan aliran udara. Gejala kerusakan pada motor kipas adalah ketika meskipun kapasitor sudah diganti, kipas tetap tidak berputar. Sebelum mengganti motor, pastikan bahwa kipas tidak terhalang oleh benda apa pun dan memastikan tidak ada kabel yang putus pada motor kipas. Gantilah motor kipas yang rusak dengan yang baru untuk mengatasi masalah ini. Selain itu, hindari menyiram motor kipas ketika membersihkan AC.

Modul AC Rusak

Kerusakan pada modul AC juga dapat menyebabkan kipas outdoor tidak berputar. Modul PCB AC konvensional biasanya terletak di unit indoor, sedangkan AC inverter memiliki dua modul, yaitu satu di unit indoor dan satu di unit outdoor. Modul berfungsi sebagai sistem kontrol yang menyuplai arus listrik di sistem kelistrikan AC. Jika modul mengalami kerusakan, kipas AC tidak akan berputar karena tidak ada suplai tegangan dari unit indoor ke unit outdoor. Beberapa komponen yang dapat menyebabkan kerusakan pada modul AC meliputi fuse yang putus, thermistor AC yang rusak, IC program yang rusak, dan masalah pada PIN konektor dan jalur PCB.

Modul AC dapat rusak akibat beberapa hal, seperti fluktuasi aliran listrik PLN, usia modul yang sudah terlalu tua, atau modul PCB AC terkena air saat membersihkan AC.

Jika kipas outdoor AC tidak berputar, sebaiknya segera memanggil teknisi profesional untuk memperbaiki masalah ini. Sebagai orang awam, mungkin sulit untuk mengetahui komponen mana yang mengalami masalah dan apa yang menyebabkannya. Dengan bantuan teknisi yang berpengalaman, masalah pada kipas outdoor AC dapat diatasi dengan tepat dan AC dapat berfungsi dengan baik kembali.